Untitled Document
Pilih Tema / Background :
1. Blue Floral (default)
2. Batik Pattern 1
3. Batik Pattern 2
4. Batik Pattern 3
5. Batik Pattern 4
6. Batik Pattern 5
7. Green Floral
8. Blue Sky
9. Blurry Sand
10. Beach
Untitled Document
SESUAI PERDA KOTA BATAM NO. 10 TAHUN 2016 TENTANG PEMBENTUKAN DAN SUSUNAN PERANGKAT DAERAH, DINAS PENDAPATAN KOTA BATAM BERUBAH NAMA MENJADI BADAN PENGELOLAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH KOTA BATAM***TERIMA KASIH ATAS PARTISIPASI ANDA MEMBAYAR PAJAK TEPAT WAKTU
Untitled Document
Untitled Document
Untitled Document
Untitled Document
February - 2017
SMTWTFS
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728    
 
JADWAL SHOLAT
 
Waktu sholat untuk Batam. Widget Jadwal Sholat oleh Alhabib.
 
 
Polling
Bagaimana dengan pelayanan BPPRD Batam

Puas
Tidak Puas

Results
 
 
PROFIL
Struktur Organisasi & Tupoksi

Berdasarkan Perda Kota Batam No 10 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Penyusunan Perangkat Daerah, menyelenggarakan fungsi penunjang urusan pemerintahan Bidang Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah dengan struktur organisasi sebagai berikut :

  1. Kepala Badan
  2. Sekretaris
  3. Kepala Bidang Pendataan, Penetapan dan Pelaporan
  4. Kepala Bidang Pembukuan
  5. Kepala Bidang Pengawasan, Penagihan dan Keberatan
  6. Kepala Bidang Pengembangan, Evaluasi dan Sistem Informasi
  7. Kelompok Jabatan Fungsional
  8. Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD)
 
TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI)
 
Kepala Badan
 
Nama
:
Raja Azmansyah
Tempat / Tanggal Lahir
:
Tg. Balai Karimun, 20 Nopember 1970
Jabatan
:
Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retrbusi Kota Batam
Riwayat Pendidikan
:
S2 Magister Perencanaan Kota dan Daerah
Riwayat Jabatan :
  1. Staf Sekretariat DPRD Kota Batam (2000-2004)
  2. Kasubid Tata Ruang, TGTLH Bapeeda Kota Batam (2005-2007
  3. Kasubid Perhubungan dan Pengembangan Wilayah Bappeda Kota Batam (2007-2008)
  4. Kabid Perencanaan Fispra Bappeda Kota Batam (2008-2012)
  5. Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga (2012-2014)
  6. Kabid Bina Program Setdako Batam (2014-2015)
  7. Kepala Dinas Pendapatan Kota Batam (2015)
  8. Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Batam (2015-Sekarang)

 

Tugas

Memimpin mengatur, merumuskan, membina, mengendalikan, mengkoordinasikan dan mempertanggungjawabkan kebijakan teknis pelaksanaan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di pengelolaan pajak dan retribusi daerah sesuai dengan kewenangannya.

Fungsi
  1. Menetapkan rencana dan program kerja Badan sesuai dengan kebijakan umum daerah sebagai pedoman pelaksanaan tugas
  2. Memimpin, mengatur, membina dan mengendalikan pelaksanan program dan kegiatan serta penetapan kebijakan teknis pada Badan yang meliputi Sekretariat, Bidang Pendataan, Penetapan dan Pelaporan, Bidang Pembukuan, Bidang Pengawasan, Penagihan dan Keberatan, Bidang Pengembangan Evaluasi dan Sistem Informasi, Unit Pelaksana Teknis serta Kelompok Jabatan Fungsional
  3. Membagi tugas dan mengarahkan sasaran kebijakan kepada bawahan sesuai dengan program yang telah ditetapkan agar pekerjaan berjalan lancar
  4. Membina bawahan di lingkungan Badan dengan cara memberikan reward and punishment untuk meningkatkan produktivitas kerja
  5. Mengevaluasi pelaksanaan kebijakan operasional dengan cara membandingkan pelaksanaan tugas dengan rencana program dan sasaran sesuai ketentuan perundangan agar diperoleh hasil yang maksimal
  6. Menetapkan penyusunan data dan informasi bahan penetapan Rencana Kerja Daerah yang meliputi: Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Kerja (RENJA) serta rencana kerja lainnya sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan
  7. Menetapkan penyusunan data dan informasi bahan penetapan Laporan Kinerja Daerah yang meliputi : Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (ILPPD), Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dan laporan lainnya sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan
  8. Menyelenggarakan Sistem Pengendalian Internal Pemerintahan (SPIP) dan program Reformasi Birokrasi di lingkungan pekerjaannya
  9. Menandatangani konsep naskah dinas sesuai dengan kewenangannya dalam lingkup Badan
  10. Merumuskan dan menetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Publik (SPP) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di lingkup Badan
  11. Menyelenggarakan monitoring dan pembinaan pelaksanaan penyelesaian administrasi penataan organisasi, kelembagaan dan peningkatan kapasitas sumber daya aparatur Badan
  12. Menyelenggarakan monitoring dan pembinaan pelaksanaan produk hukum lingkup Badan
  13. Mengendalikan pemanfaatan dan pengelolaan sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan tugas-tugas Badan kepada para Kepala Bidang
  14. Mengendalikan pemanfaatan dan pengelolaan keuangan di lingkungan Badan
  15. Menetapkan Bendaharawan Pengeluaran, Bendahara Penerima, Pemegang Barang, Pengurus Barang, Penatausahaan Keuangan, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, Pembantu Bendahara Pengeluaran, Pembantu Bendahara Penerima sesuai dengan Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah di lingkungan Badan
  16. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum bidang pendataan, penetapan dan pelaporan, bidang pembukuan, bidang pengawasan, penagihan dan keberatan serta bidang pengembangan evaluasi dan sistem informasi
  17. Pembinaan dan pelaksanaan di bidang pendataan, penetapan dan pelaporan, bidang pembukuan, bidang pengawasan, penagihan dan keberatan serta bidang pengembangan evaluasi dan sistem informasi
  18. Merumuskan kebijakan daerah bidang pendataan, penetapan dan pelaporan, bidang pembukuan, bidang pengawasan, penagihan dan keberatan serta bidang pengembangan evaluasi dan sistem informasi sebagai bahan penetapan kebijakan oleh pimpinan
  19. Memantau, mengkoordinasikan bidang pendataan, penetapan dan pelaporan, bidang pembukuan, bidang pengawasan, penagihan dan keberatan serta bidang pengembangan evaluasi dan sistem informasi
  20. Menyelenggarakan monitoring dan pembinaan pelaksanaan penataan organisasi, kelembagaan, peningkatan kapasitas sumber daya aparatur pengelola keuangan daerah kota dan produk hukum lingkup pajak daerah s
  21. Melaporkan Akuntabilitas Kinerja Badan
  22. Menyelenggarakan hubungan kerja fungsional dengan OPD, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat
  23. Mengesahkan laporan pelaksanaan kebijakan di bidang pendataan, penetapan dan pelaporan, bidang pembukuan, bidang pengawasan, penagihan dan keberatan, bidang pengembangan evaluasi dan sistem informasi sebagai bahan pertanggungjawaban kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah
  24. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas-tugas di lingkungan Badan
  25. Melaksanakan tugas lain dari atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya berdasarkan ketentuan peraturan perundangan

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retrbusi Kota Batam, membawahi :

  1. Sekretaris
  2. Bidang Pendataan, Penetapan dan Pelaporan
  3. Bidang Pembukuan
  4. Bidang Pengawasan, Penagihan dan Keberatan
  5. Bidang Pengembangan , Evaluasi dan Sistem Informasi

Sekretaris
 
Nama
:
Zulkifli Aman
Tempat / Tanggal Lahir
:
Inuman, 09 November 1969
Jabatan
:
Sekretaris Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Batam
Riwayat Pendidikan
:
S2 Magister Manajemen
Riwayat Jabatan :
  1. Kasubsi Penagihan Dinas Pendapatan Kota Batam (2000-2001)
  2. Kasi Pemeriksaan Dinas Pendapatan Kota Batam (2001-2004)
  3. Kasi Penetapan Dinas Pendapatan Kota Batam (2004-2008)
  4. Kasi Dana Perimbangan Dan Lain-Lain Pendapatan Yang Sah Dinas Pendapatan Kota Batam (2008)
  5. Kasi Pemeriksaan Dinas Pendapatan Kota Batam (2009)
  6. Kabid Teknis Sarana Dinas Perhubungan Kota Batam (2009-2010)
  7. Kabag Umum Sekretariat DPRD Kota Batam (2010-2011)
  8. Kabid Pendataan Dan Penetapan Dinas Pendapatan Kota Batam (2011-2013)
  9. Inspektur Pembantu Bidang Pemerintahan Inspektorat Daerah (2013-2014)
  10. Sekretaris Dinas Pendapatan Kota Batam (2014-2016)
  11. Sekretaris Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (2016-Sekarang)

 

Tugas dan Fungsi :

  1. Pelaksanaan pengkoordinasian penyusunan program dan rencana kerja Badan
  2. Pelaksanaan pengkoordinasian penyusunan pelaporan kegiatan Badan
  3. Pelaksanaan pengkoordinasian pengelolaan dan pelayanan administrasi kesekretariatan Badan yang meliputi administrasi umum dan kepegawaian, program dan anggaran serta keuangan dan aset
  4. Pelaksanaan penginventarisasian, penyusunan dan pengkoordinasian penatausahaan proses penanganan pengaduan
  5. Pelaksanaan pengkoordinasian penyelenggaraan tugas-tugas bidang
  6. Pembinaan, monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan kesekretariatan
  7. Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan Kepala Dinas Pendapatan Kota Batam

Dalam pelaksanaan tugas, Sekretaris membawahi :

  1. Sub Bagian Perencanaan Program
  2. Sub Bagian Keuangan
  3. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Bidang Pendataan, Penetapan dan Pelaporan
 
Nama
:
Wendhy Septian Pratama
Tempat / Tanggal Lahir
:
 
Jabatan
:
Kepala Bidang Pendataan, Penetapan dan Pelaporan Kota Batam
Riwayat Pendidikan
:
D IV STPDN
Riwayat Jabatan :
  1.  
  2.  
  3.  
  4.  
 

 

Tugas & Fungsi

  1. Penyusunan rencana dan program lingkup Pendataan, Penetapan dan Pelaporan
  2. Penyusunan petunjuk teknis operasional lingkup Pendataan, Penetapan dan Pelaporan
  3. Penyelenggaraan pelayanan publik dan administrasi serta urusan pemerintahan daerah Pendataan, Penetapan dan Pelaporan
  4. Pembinaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan Pendataan, Penetapan dan Pelaporan
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas Pendapatan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya

Dalam pelaksanaan tugas  sebagaimana dimaksud,  Bidang Program terdiri dari :

  1. Sub Bidang Pendaftaran dan Pendataan Pajak
  2. Sub Bidang Penilaian dan Penetapan
  3. Sub Bidang Validasi dan Pelaporan

Bidang Pembukuan
 
Nama
:
Muhammad Samad
Tempat / Tanggal Lahir
:
Teluk Dalam, 5 Juni 1971
Jabatan
:
Kabid. Pembukuan
Riwayat Pendidikan
:
S1 Manajemen
Riwayat Jabatan :
  1. Pelaksana Tugas Sub. Bagian Tata Usaha pada Biro Humas Protokol Prov. Kepulauan Riau (2006-2007)
  2. Pelaksana Tugas Sub. Bagian Penyaringan Informasi dan Media Massa Bagian Humas pada Biro Humas dan Protokol Sekretariat Prov. Kepulauan Riau (2007-2008)
  3. Pemeriksa Bidang Kesejahteraan Sosial Inspektorat Daerah Kota Batam (2008-2011)
  4. Kasi Pembukuan, Retribusi dan Verifikasi Dinas Pendapatan Kota Batam (2011-2012)
  5. Kasi Pertimbangan dan Keberatan Dinas Pendapatan Kota Batam (2012-2013)
  6. Kasi Pendataan Dinas Pendapatan Kota Batam (2013-2014)
  7. Kasi Pertimbangan dan Keberatan Dinas Pendapatan Kota Batam (2014-2015)
  8. Kabid Penagihan Dinas Pendapatan Kota Batam (2015-2016)
  9. Kabid Pembukuan (2016-Sekarang)
 

 

Tugas & Fungsi

  1. penyusunan rencana dan program lingkup bidang Pembukuan
  2. penyusunan petunjuk teknis operasional lingkup bidang Pembukuan
  3. Penyelenggaraan pelayanan publik dan administrasi serta urusan pemerintahan daerah bidang Pembukuan
  4. pembinaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan lingkup bidang Pembukuan erah
  5.  
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Kota Batam sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya

Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Pendataan dan Penetapan terdiri dari :

  1. Sub Bidang Pembukuan Pajak dan Retribusi
  2. Sub Bidang Pembukuan PBB-P2 dan BPHTB
  3. Sub Bidang Penyelesaian Piutang

'
Bidang Pengawasan, Penagihan dan Keberatan
 
Nama
:
Abdul Muslim
Tempat / Tanggal Lahir
:
Kasu, 2 November 1965
Jabatan
:
Kepala Bidang Pengawasan, Penagihan dan Keberatan Kota Batam
Riwayat Pendidikan
:
S1 (Ilmu Ekonomi)
Riwayat Jabatan :
  1. Sekretaris Lurah Kelurahan Kecamatan Belakang Padang (2006-2007)
  2. Lurah Kasu Kecamatan Belakang Padang (2007-2012)
  3. Sekretaris Camat Belakang Padang (2012-2013)
  4. Kabid Pendataan dan Penetapan Dinas Pendapatan Kota Batam (2013-2016)
  5. Kabid Pengawasan, Penagihan dan Keberatan Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Batam (2016-Sekarang)

 

Tugas & Fungsi

  1. penyusunan rencana dan program lingkup Pengawasan, Penagihan dan Keberatan
  2. penyusunan petunjuk teknis operasional lingkup Pengawasan, Penagihan dan Keberatan
  3. Penyelenggaraan pelayanan publik dan administrasi serta urusan pemerintahan daerah bidang Pengawasan, Penagihan dan Keberatan
  4. pembinaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan lingkup Pengawasan, Penagihan dan Keberatan
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Batam sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya

Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Penagihan terdiri dari :

  1. Sub Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan
  2. Sub Bidang Penagihan dan Penindakan
  3. Sub Bidang Pertimbangan dan Keberatan

Bidang Pengembangan, Evaluasi dan Sistem Informasi
 
Nama
:
Sri Indra Praja
Tempat / Tanggal Lahir
:
Pekanbaru, 02 Desember 1977
Jabatan
:
Bidang Pengembangan, Evaluasi dan Sistem Informasi
Riwayat Pendidikan
:
S2 Manajemen
Riwayat Jabatan :
  1. KasubPerencana Evaluasi Kecamatan Batam Kota (2009-2011)
  2. Kasi Pelayanan Umum (2011-2012)
  3. Kasi Dana Perimbangan Dan Lain-Lain Pendapatan Yang Sah Dinas Pendapatan Kota Batam (2012-2015)
  4. Kabid Retribusi Dan Pendapatan Lain-Lain Dinas Pendapatan Kota Batam (2015-Sekarang)

 

Tugas dan Fungsi :

  1. Penyusunan rencana dan program lingkup Pengembangan Evaluasi dan Sistem Informasi
  2. penyusunan petunjuk teknis operasional lingkup Pengembangan Evaluasi dan Sistem Informasi
  3. Penyelenggaraan pelayanan publik dan administrasi serta urusan pemerintahan daerah bidang Pengembangan Evaluasi dan Sistem Informasi
  4. pembinaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan lingkup Pengembangan Evaluasi dan Sistem Informasi
  5. Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Batam sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya

Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Pengembangan, Evaluasi dan Sistem Informasi terdiri dari :

  1. Sub Bidang Intensifikasi dan Ekstensifikasi
  2. Sub Bidang Evaluasi Pajak dan Retribusi
  3. Sub Bidang Sistem Informasi Pajak dan Retribusi
Untitled Document
INFO KURS
 
 
 
LINK
 





 
     
Untitled Document
copyright © 2015 DINAS PENDAPATAN KOTA BATAM, all right reserved | best view @ mozilla firefox
Design by imtas.web.id